berita

Tiga Gedung Baru Pesantren Diresmikan PP Persis

Garut – Pimpinan Pusat Persatuan Islam meresmikan tiga Gedung Baru Pesantren Persatuan Islam Tarogong pada Kamis 05 Januari 2023 / 12 Jumadil Akhir 1444 H. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum Persatuan Islam Dr. KH. Jeje Jaenudin di Aula Syihabudin.

Berbeda dengan keumuman prosesi peresmian, di Pesantren Persis Tarogong proses peresmian tiga gedung baru ini dilakukan secara langsung oleh Pimpinan Jam’iyyah Persatuan Islam tidak oleh pejabat pemerintah sebagimana umumnya proses peresmian baik Camat, Bupati, Gubernur bahkan Presiden.

“Prasasti ditandatangani oleh Ketua Umum PP Persis. Tidak oleh Presiden, Gubernur, Bupati, atau pejabat lainnya. Hal ini untuk menunjukkan bahwa Persatuan Islam mandiri, tidak tergantung pada Pemerintah,” tegas H. Mohammad Iqbal Santoso seusai dilantik sebagai Mudir Am Pesantren Persis Tarogong Masa Jihad 2023-2028

Dr. KH. Jeje Zaenudin Ketua Umum PP Persis yang secara langsung meresmikan dan menerima wakaf dari Pesantren Persis Tarogong sekaligus menandatangani tiga prasasti yaitu Gedung Aula Syihabudin, Gedung SDIT 2 dan Gedung Pondok Tahfidz Putri.

“PP Persis pemegang legitimasi agar wakaf itu bisa tetap terjaga kemanfaatannya untuk kaum muslimin pada umumnya. Regulasinya diatur oleh Jam’iyyah. Sementara untuk pengelolaan dan pengembangannya diserahkan dan dilakukan oleh masing-masing pengelola sesuai dengan tujuan muwakif,” jelasnya

Untuk diketahui bahwa Pondok Tahfidz Putri proses pembangunannya dimulai tahun 2016, untuk memfasilitasi santri yang punya potensi tahfidz yang dipersiapkan untuk melahirkan hafizhah. Pembangunan selesai pada tahun 2017 namun belum sepenuhnya selesai dalam penyediaan sarana pendukungnya. Pertama kali digunakan pada akhir tahun 2017 dan secara bertahap dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas khusus untuk santri tahfidz fokus pada program Tilawah dan Hifzil Quran.
Walaupun sudah sejak 2017 digunakan namun belum diresmikan baru diresmikan awal 2023.

Kemudian Gedung SDIT Persis Tarogong 2 proses pembangunannya dimulai tahun 2017 sebagai tindak lanjut dari pembentukan SDIT 2. Pembangunannya dilakukan secara bertahap, sedikit-sedikit disesuaikan dengan kebutuhan. Secara keseluruhan pembangunan gedung dan sarana pendukung SDIT 2 selesai pada tahun 2022 saat santri angkatan pertama sudah memasuki kelas 6 dan diresmikan awal 2023.

Dan untuk Gedung Syihabudin dibangun pada awal 2020 yang merupakan revitalisasi berbagai sarana di Pesantren yang kurang layak dan pengembangan sarana baru. Di dalamnya terdapat sarana kantin yang representatif, ruang-ruang perkantoran pesantren, dan aula pada lantai 3 yang dalam keseharian digunakan untuk kegiatan dan pertemuan, shalat dzuhur, olah raga dan acara lainnya.

Pembangunannya selesai keseluruhan pada awal 2022 dan diresmikan pada awal 2023.
Saat ini gedung tersebut menjadi ikon baru di Pesantren. Diberi nama Syihabudin untuk mengenang jasa dan jihad Ustadz H. Sjihabudin, selaku pendiri Pesantren Persis Tarogong.

#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X