berita

Semarak Kegiatan Akhir Semester SDIT Persis Tarogong

Garut – SDIT Persis Tarogong telah mengakhiri kegiatan di semester 1. Kegiatan akhir ini dilakukan dengan penilaian akhir. Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk meng­ukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester gasal. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian LHBS.

SDIT Persis Tarogong menyelenggarakan kegiatan PAS secara menyeluruh dan terorganisir hal ini dilakukan agar kegiatan tersebut dapat berjalan tertib dan terorganisasi, maka disusunlah TOR Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun pelajaran 2019 – 2020 sebagai acuan dan pedoman dalam pelaksanaan sehingga dapat tercapai hasil yang optimal.

Setelah dilakukan PAS, SDIT Persis Tarogong menggelar acara Talent Week. Kecerdasan yang dimiliki oleh manusia ataupun setiap individu tentunya berbeda-beda. Istilah ini lebih dikenal dengan nama kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligence. Kecerdasan itu sendiri harus tetap dikembangkan, karena dengan kecerdasan itu sendiri tentunya akan membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah.

Untuk itu, tentunya ada beberapa faktor yang mendukung suatu kecerdasan yang dimiliki seseorang sehingga sangat membantu dalam proses perkembangannya. Di sekolah tentunya anak akan dibimbing oleh guru-gurunya. Program yang ada di sekolah tentunya mempengaruhi kecerdasan dalam diri anak.

Anak akan merasa senang dan semangat dalam belajar apabila kegiatan pembelajaran didasari gaya belajar anak dalam bimbingan ataupun pengawasan seseorang pendidik. Salah satu program yang dilaksanakan oleh SDIT Persis Tarogong dalam rangka memfasilitasi kemajemukan siswa maka diadakan kegiatan SDIT Talent Week dimana siswa dapat mengeksplorasi kemampuannya melalui berbagai lomba dan unjuk kabisa. Diantara unjuk kabisa ini adalah :
1 Calistung
2 Olimpiade IPA
3 Olimpiade Matematika
4 Tahfidzul Quran
5 Mewarnai
6 Cerita bergambar
7 Kaligrafi
8 Membuat cerpen
9 Pidato B. Indonesia
10 Bercerita
11 Story telling
12 Adzan
13 Menyanyi Solo
14 Puisi
15 Cerdas Cermat Islami
16 Ranking 1
17 IT Contest

Selain Talent Week, ada juga Pelatihan Komik 200 siswa. Kegiatan ini masih dalam rangkaian kegiatan Talent Week, SDIT bekerjasama dengan Muffin Grafics Bandung mengadakan pelatihan pembuatan komik untuk siswa pada hari Rabu (18/12/19) di Gedung Serbaguna Pesantren Persatuan Islam. Kegiatan ini bertujuan melatih siswa yang mempunyai ketertarikan pada komik, cerita, atau grafis. Seluruh siswa begitu antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan bercita-cita menjadi salah satu komikus terkenal di Indonesia.

Selanjutnya ada acara Seleksi Siswa Teladan.
Sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa dan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, , berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab, kami mengembangkan pembinaan motivasi, prestasi, dan minat peserta didik agar mampu menjadi contoh bagi peserta didik yang lain.

Pembinaan tersebut diwujudkan melalui program seleksi siswa teladan. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, (14//12/19) yang diikuti 48 peserta delegasi terbaik dari 24 kelas. Untuk semester ini peraih prestasi siswaa teladan adalah :
1. Kelas 1 : KEN RIZKA ZAKIAH
2. Kelas 2 : FATHIR RIALDI KAMIL
3. Kelas 3 : HASNAA FATISHA ASHALINA
4. Kelas 4 : MUHAMMAD ZAHRAN FIRMANA
5. Kelas 5 : ALI FIKRI AL JAUHARI
6. Kelas 6 : FATHYA DWI MALLIQA

Selain acara untuk siswa digelar juga acara untuk para orang tua yaitu Seminar Parenting bagi orang tua kelas 1, 2, dan 3. Setiap anak pastinya membutuhkan perhatian, kasih sayang, serta bimbingan dari kedua orang tuanya. Karena bimbingan dari orang tua berbeda dengan bimbingan dari guru ataupun orang lain disekitarnya.

Orang tua sangat berperan penting bagi perkembangan anaknya baik cara berpikirnya, jiwa sosialnya maupun kepribadiannya. Maka dari itu parenting sangatlah penting untuk dipelajari oleh siapapun yang akan menjadi orang tua atau bagi yang sudah menjadi orang tua. Di penghujung rangkaian kegiatan akhir semester ganjil ini, SDIT Persis Tarogong memfaslitasi kegiatan parenting yang dilaksanakan pada hari Jumat, (20/12/19) dengan pemateri Bapak Ismail Karsana, M.Psi. dari Biro Psikologi Medina Gempita.

#semarakkegiatanakhirsemester
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X