berita

Hari Ini Terjadi Gerhana Matahari Cincin

Garut – Pada Hari Kamis, 26 Desember 2019 (29 Rabiutsani 1441H) Insyaallah seluruh wilayah Indonesia akan mengalami Gerhana Matahari, yaitu: Gerhana Matahari Cincin (GMC) dan Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

Gerhana Matahari Cincin (GMC) melewati atau terlihat di Sumatra bagian utara dan sebagian Kalimantan, sedangkan di daerah Indonesia lainnya teramati sebagai Gerhana Matahari Sebagian (GMS), Permukaan Matahari yang tertutup bayangan Bulan pada GMS ini berkisar antara 34% s.d 94%

Peristiwa Gerhana kali ini terjadi saat musim hujan, sehingga jika mendung atau hujan tidak bisa diamati, namun diharapkan pada hari tersebut cuaca cerah sehingga GMC/GMS dapat disaksikan dengan segala pernak perniknya (melihat gerhana tidak boleh dengan mata langsung, harus menggunakan filter)

Selama gerhana disunnahkan untuk :
• Berdo’a,
• Shodaqoh,
• Takbir, dan
• Shalat gerhana, dengan tatacara sbb : dua raka’at, empat kali ruku dan empat kali sujud. Tiap raka’at, (setelah ruku dan membaca sami’allah dan rabbana lakalhamdu kembali berdiri membaca Fatihah dan ayat Quran lagi, kemudian ruku lagi dan sujud). Disunnatkan berjamaah, imamnya membaca dengan jahar, tidak ada adzan dan qamat, cukup dengan ajakan “Ashalatu jami’ah”. Setelah shalat gerhana boleh dilakukan khutbah.

Untuk Willayah Waktu Indonesia Barat (WIB) waktu pelaksanaan ibadah gerhana disarankan sbb :
Takbir : mulai jam 11:00 WIB dan Shalat Gerhana setelah sholat Dhuhur.

Insyaallah pelaksanaan shalat gerhana di pesantren akan dilaksanakan di Masjid Ihyaul Islam ba’da shalat dzuhur berjama’ah.

#gerhanamataharicincin
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X