berita

Pesantren Persis Tarogong Gelar Workshop Pengasuhan Berbasis Konseling

Pesantren Persis Tarogong Gelar Workshop Pengasuhan Berbasis Konseling

Garut – Pesantren Persis Tarogong melalui Bidang Sumber Daya Insani yang bekerjasama dengan MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan Konseling) menggelar workshop Pengasuhan Berbasis Konseling. Workshop ini diikuti dan dikhususkan bagi para guru BK di setiap jenjang TK, SDIT, Diniyah, Tsanawiyah dan Aliyah juga para pembimbing asrama putra dan pembimbing asrama putri.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada hari Sabtu (9/01) 2021 bertempat di Aula MTs Persis Tarogong dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan menghadirkan beberapa narasumber internal pesantren diantaranya Hj. Ai Nurjanah, M.Ag yang membahas mengenai “Pengasuhan Dalam Konsep Islam”, Dra. Nurlela yang menyampaikan materi tentang ” Pengasuhan Berbasis Konseling ” dan sebagai Keynote Speaker Ust. Yasir Ismail, S.Pd yang menyampaikan poin penting tentang “Pengasuhan sebagai langkah penting mencapai lembaga pendidikan unggulan “.

Kegiatan workshop ini secara resmi dibuka oleh H. Mohammad Iqbal Santoso selaku Mudir Am Pesantren Persis Tarogong. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bimbingan konseling yang ada di pesantren harus mampu untuk mewujudkan visi misi pesantren yaitu mewujudkan miniatur masyarakat islami dan lembaga pendidikan unggulan.

Dalam suasana pandemi seperti sekarang, menurut H. Mohammad Iqbal tentunya proses pembelajaran yang dilakukan akan berdampak besar terhadap aturan yang telah ditentukan sebelumnya yaitu para santri dilarang untuk membawa gadget. Akan tetapi sekarang mengingat proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, maka bagaimana caranya para santri dalam menggunakan gadget ini mampu menguasai teknologi namun tetap memiiki akhlak karimah.

“Peran bimbingan konseling untuk para santri ini adalah supaya santri bisa menjadi manusia yang berakhlaq karimah, menguasai iptek. Fungsi bimbingan konseling ini sangat dibutuhkan untuk menumbuh kembangkan santri yang ada di pesantren. Adanya MGBK tingkat pesantren untuk memberikan bimbingan bagi seluruh santri agar mampu menemukan solusi solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi santri”, jelasnya

Gita Purnamasari, S.Psi Ketua Pelaksana Workshop menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan visi misi pesantren, dengan adanya kegiatan ini bisa sebagai sarana untuk berkoordinasi, kolaborasi juga mengasah keterampilan dalam menjalankan tugas sebagai pembimbing santri agar para santri ini memiliki kualitas moral yang baik ditengah penggunaan gadget dalam proses pembelajaran.

“Workshop inipun sebagai sarana untuk evaluasi dan meningkatkan kualitas sumber daya insani dengan pengetahuan bimbingan kepada santri sehingga santri bisa tumbuh kembang dalam suasana yang menyenangkan”.

#workshoppengasuhanberbasiskonseling
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X