berita

Karya Tulis Ilmiah Salah Satu Syarat Kelulusan Santri MA Persis Tarogong

Garut – Santri kelas XII MA Persis Tarogong dari hari selasa hingga kamis (16-18/02/21) mengikuti sidang Karya Tulis Ilmiah. Karya Tulis ini sebagai tugas akhir juga sebagai salah satu syarat kelulusan bagi santri kelas XII.

Karya Tulis Ilmiah biasa disingkat karya ilmiah (scientific paper) atau lebih populer “Kartul” dilingkungan MA Persis Tarogong merupakan suatu karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.

Karya Tulis Ilmiah disusun berdasarkan fakta yang sifatnya objektif, tidak bersifat emosional/personal dan tersusun secara sistematis dan logis. Bahasa yang digunakan dalam suatu karya tulis ilmiah adalah bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (PUEBI).

Selvy Lamawati, SP Biro Kartul MA Persis Tarogong menyatakan bahwa setiap santri kelas XII MA Persis Tarogong wajib menyusun Karya Tulis Ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan dan tugas akhir. Setidaknya santri yang mengikuti sidang ujian Kartul ini sebanyak 271 santri dengan sistem sidang dilakukan secara daring dan luring.

Bagi santri yang berada di luar Garut proses sidang ujian Kartulnya dilakukan secara daring melalui aplikasi yang telah ditentukan dengan diuji oleh dua penguji. Sementara untuk santri yang berada di wilayah Garut proses sidangnya dilakukan secara luring di Pesantren dengan langsung diuji oleh dua penguji.

“Mengingat sekarang masih dalam masa pandemi, maka proses sidang ujian Kartul ini dilakukan melalui daring dan luring. Untuk sidang yang dilakukan secara daring, maka Biro telah menetapkan aplikasinya juga hal teknis lain agar proses sidang bisa berjalan dengan baik. Sementara santri yang mengikuti sidang luring, waktu kedatangan ke Pesantren secara bertahap sesuai dengan jadwal masing-masing”, jelasnya

Bagi santri yang telah mengikuti ujian sidang Karya Tulis Ilmiah ini, diberikan waktu satu minggu untuk melakukan revisi dari hasil sidang yang telah dilakukan.

#sidangkaryatulissantrikelasxii
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X