berita

Pesantren Perkuat Jalinan Kerjasama dengan Institut Agama Islam Tazkia

Garut – Pesantren Persis Tarogong melakukan kesepakatan bersama dengan Institut Agama Islam Tazkia. Kesepakatan bersama ini dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Tazkia dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kesejahteraan masyarakat dan penelitian. Dalam kesempatan kerjasama ini dihadiri oleh Pimpinan Pesantren, Sekretaris Pesantren, Bidang Pendidikan Pesantren, Mudir Mualimin beserta staff dan Dr. Murniati Mukhlisin, M. Acc., CFP., IFP Rektor Institut Agama Islam Tazkia beserta jajarannya.

Dalam pengantarnya Dr. Murniati Mukhlisin, M. Acc., CFP., IFP Rektor Institut Agama Islam Tazkia menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan sebagai upaya memperkuat jalinan kerjasama yang sudah dilakukan dengan Pesantren Persis Tarogong. Selain sebagai bentuk silaturahim kunjungan ini untuk menjalin kerjasama berupa penandatanganan MoU yang menjadi payung hukum untuk berbagai kerjasama yang akan dijalin.

“Sebenarnya sudah ada kerjasama sejak dulu. Tapi ini supaya jadi pengikat antara Pesantren dengan Tazkia dan kesepakatan kerjasama ini dalam jangka waktu lima tahun yang bentuk kerjasamanya bisa dalam berbagai hal”, ucapnya

H. Mohammad Iqbal Santoso Pimpinan Pesantren Persis Tarogong menyatakan, Pesantren menyambut baik adanya kerjasama dengan Institut Agama Islam Tazkia. Kerjasama yang dilakukan dengan Institut Agama Islam Tazkia sudah dilakukan dalam jangka waktu lama, banyak alumni Pesantren yang melanjutkan studi ke Institut Tazkia bahkan sampai mengabdi menjadi dosen.

“Pesantren menyambut baik adanya kerjasama dengan Institut Tazkia. Kesepakatan kerjasama ini bukan kali pertama, karena sudah sejak dulu dilakukan. Banyak alumni yang melanjutkan studi ke Tazkia sampai menjadi dosen di Tazkia”, ungkapnya saat memberikan sambutan kesepakatan kerjasama pada Jum’at 28 Oktober 2022 di Ruang Rapat Pimpinan Pesantren

Ada beberapa hal yang dikerjasamakan dalam kesepakatan kerjasama yang dilakukan sekarang ini yaitu penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, implementasi program merdeka belajar dan lainnya.

Dari kesepakatan kerjasama yang dilakukan ini, peluang ke depan bagi pesantren bisa melakukan kerjasama dalam pengembangan akuntansi pesantren. Sistem pembayaran biaya pendidikan yang kini dikembangkan pesantren secara online melalui siap.persistarogong.com adalah pengembangan hasil kerjasama yang dulu dilakukan dengan Institut Agama Islam Tazkia.

Kemudian peluang lainya dalam kerjasama ini adalah kerjasama dalam hal beasiswa kuliah bagi alumni yang nantinya ketika selesai bisa kembali mengabdi pada pesantren. Selanjutnya  adanya peluang kuliah S2 untuk asatidz, inkubasi bisnis, penjaminan mutu pesantren, calon guru ekonomi syariah dan koperasi syariah.

#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X