berita

Iyus Susanto, M.Pd & Adah Mustahidah, M.Pd.I Terpilih Untuk Pimpin SDIT 1 & 2 Pesantren Persis Tarogong

Garut – Pimpinan Cabang Persis Tarogong Kidul bersama Pesantren Persis Tarogong melalui Panitia Pemilihan Mudir menggelar kegiatan pemilihan Mudir SDIT 1 & 2 Pesantren Persis Tarogong. Berdasarkan SK, jabatan Mudir SDIT 1 & 2 berakhir pada 2 November 2022. Dan pada hari jum’at 28 Oktober 2022 / 2 Rabiul Akhir 1444 H Panitia Pemilihan menggelar pemilihan Mudir untuk masa jihad 2022-2026 yang diikuti oleh 112 asatidz SDIT 1 & 2 yang bertempat di Aula Syihabudin.

Ustadz Yasir Ismail, S.Pd Ketua PC Persis Tarogong Kidul sekaligus penanggungjawab pemilihan mudir menjelaskan, proses pemilihan Mudir untuk SDIT ini dilakukan melalui beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari tahap penjaringan bakal calon sampai ketentuan pemilihan. Untuk memilih bakal calon panitia menetapkan kriteria umum yaitu pertama berkepribadian muslim, berakhlaq karimah dan dapat dijadikan uswah hasanah bagi keluarga, masyarakat serta lingkungan kerja. Kedua memahami perjuangan Persatuan Islam dalam menegakkan Al-Quran dan As Sunnah. Ketiga memiliki ruhul jihad dan loyalitas terhadap Pesantren Persis Tarogong dan Jam’iyyah Persis.

Selain memiliki kriteria umum panitia pun menentukan kriteria khusus yaitu anggota Persis atau Otonom yang bisa dibuktikan dengan kartu tanda anggota yang sah dan masih berlaku, berijazah sarjana dan memiliki kemampuan, pengalaman mengajar minimal 10 tahun dan berstatus sebagai guru tetap pesantren, memiliki kemampuan manajerial yang relevan, sehat jasmani rohani dan tidak menjadi anggota partai politik.

Ustadz Pahad Nurdiansah selaku Ketua Panitia Pemilihan menuturkan, “Bakal calon Mudir diajukan melalui proses penjaringan dengan metode survei yang diikuti oleh asatidz di jenjang masing-masing. Kemudian bakal calon Mudir diserahkan kepada tim seleksi yang terdiri dari Ketua PC Persis Tarogong Kidul, Penasehat Pesantren, Mudir Am dan Bidang SDI untuk dilakukan fit and proper test. Dari hasil penjaringan sampai fit and proper test ditentukan calon Mudir untuk SDIT 1 yaitu Erna Sulastri, M.Pd dan Iyus Susanto, M.Pd dan calon Mudir SDIT 2 yaitu Adah Mustahidah, M.Pd.I dan Lia Susanti, M.Pd”, jelasnya

Selanjutnya Ustadz Pahad menjelaskan bahwa setelah ditentukan calon Mudir untuk SDIT 1 & 2 maka pada Jum’at 28 Oktober 2022 Panitia Pemilihan menggelar pemilihan mudir yang dihadiri oleh seluruh asatidz SDIT 1 & 2. Pelaksanaan pemilihan mudir dilakukan musyawarah mufakat dengan ketentuan, pertama calon mudir melakukan musyawarah bersama tim seleksi untuk menentukan mudir terpilih dan calon mudir yang ditetapkan dalam musyawarah dinyatakan sebagai mudir terpilih. Kemudian jika musyawarah mufakat tidak tercapai dilakukan pemilihan langsung.

“Berdasarkan hasil musyawarah mufakat yang terdiri dari para calon mudir, ketua PC Persis Tarogong Kidul dan Mudir ‘Am, maka terpilih Iyus Susanto, M.Pd sebagai Mudir SDIT 1 dan Adah Mustahidah, M.Pd.I sebagai Mudir SDIT 2,” jelasnya.

H. Mohammad Iqbal Santoso, Mudir ‘Am Pesantren Persis Tarogong menyatakan, mudir ini adalah jabatan karir dan prestasi. Calon mudir yang ditentukan berdasarkan masukan asatidz, hasil survei juga nilai rapot asatidz. Proses pemilihan mudir ini bukan untuk pertandingan akan tetapi sebagai ikhtiar untuk  memilih pemimpin yang terbaik sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Sementara untuk proses pelantikan Mudir terpilih hasil musyawarah ini direncanakan akan dilaksanakan sesegera mungkin. Hal tersebut bergantung pada proses pengajuan pelantikan yang nanti akan dilakukan oleh PP Persis.

Sehingga selama belum dilakukan pelantikan dan serah terima jabatan, kepemimpinan mudir SDIT 1 & 2 masih dipimipin oleh Mudir berdasarkan SK sebelumnya, yaitu Mudir SDIT 1 oleh Shofi Shofiah, S.Pd dan Plt. Mudir SDIT 2 oleh Adah Mustahidah, M.Pd yang kembali terpilih untuk periode selanjutnya.

#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X