berita

Kuatkan Hafalan Qur’an : Asatidz & Karyawan Ikuti Sertifikasi THQ

Garut – Ramadhan adalah bulan penuh berkah, Ramadhan memotivasi umat islam untuk senantiasa beribadah agar mendapat pahala, ampunan bahkan kifarat atas dosa sehingga ibadah shaum dirasakan sangat efektif. Banyak amalan yang dapat dilakukan untuk memakmurkan bulan Ramadhan ini antara lain melalui penguatan pemahaman ulumuddin untuk menjaga dan memelihara kualitas amal.

Pesantren Persatuan Islam Tarogong melalui Bidang Sumber daya Insani memprogramkan kembali kegiatan rutin tahunan Ramadhan berupa kajian keislaman sebagai bentuk pembinaan wajib untuk asatidz dan karyawan Pesantren.

Hj.Ai Nurjanah, M.Ag Bidang Sumber Daya Insani menjelaskan, untuk tema yang diusung pada Kajian Ramadhan 2022 ini adalah “Bahagia dengan Amanah”. Kegiatan Kajian Ramadhan ini dilaksanakan mulai tanggal 1 – 19 Ramadhan 1443 H. Dan untuk tahun sebelumnya tema Kajian Ramadhan 2021 adalah ” Ramadhan Penuh Cinta “. Tema tema ini diambil dari nilai karakter yang dikembangkan di Pesantren, agar lima nilai karakter Pesantren ini bisa benar benar dipahami dan diamalkan di lingkungan Pesantren.

Tujuan dari Kajian Ramadhan ini adalah meningkatkan pemahaman ilmu keislaman, memahami nilai amanah, menerapkan nilai-nilai amanah dalam kehidupan, memahami ayat-ayat tematik tentang amanah dan terakhir muraja’ah juz 30 sekaligus ditutup dengan kegiatan sertifikasi Tilawah dan Hifzil Qur’an juz 30 bagi seluruh asatidz dan karyawan Pesantren.

“Kajian Ramadhan ini sebagai bentuk pembinaan bagi asatidz dan karyawan Pesantren untuk seluruh jenjang pendidikan. Materi yang disampaikan berkaitan dengan ayat dan hadits tematik tentang amanah dan kajian tafsir Ijmali juz 30. Untuk pemateri kajian sendiri diisi oleh asatidz internal Pesantren”, jelasnya

H. Yudi Rusyandi, Lc Kepala Unit Tilawah dan Hifzil Qur’an menyatakan bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas tilawah dan kuantitas tahfizh seluruh asatidz dan karyawan dalam bidang THQ, maka Pesantren  mengadakan sertifikasi THQ yang dilaksanakan selama satu hari Jum’at (20/04) 2022 / 20 Ramadhan 1443 H. Kegiatan sertifikasi THQ ini diikuti oleh 292 perserta (Asatidz dan karyawan) adapun juz yang akan disertifikasi yaitu juz 30.

“Sertifikasi THQ bagi asatidz dan karyawan Pesantren ini sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas tilawah (tahsin Alquran) dan kuantitas tahfizh (hafalan) Al-Qur’an asatidz dan karyawan Pesantren Persis Tarogong”, jelasnya

#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X