berita

Bentuk Karakter Islami : SDIT Persis Tarogong 2 Gelar Rangkaian Kegiatan Ramadhan

Garut – Ramadhan 1443 H kali ini dilaksanakan secara langsung berbeda dengan Ramadhan tahun sebelumnya kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kegiatan Ramadhan di SDIT Persis Tarogong 2 mengusung tema “Tadarus Al-Quran Giat Beribadah dan Beramal di bulan Ramadhan” dengan akronim “Targhib Ramadhan”.

Adah Mustahidah, M.Pd.I Kepala Sekolah SDIT Persis Tarogong 2 menjelaskan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran Ramadhan disusun modul pembelajaran yang menyenangkan dengan desain yang menarik untuk merangsang antusiasme santri dalam melaksanakan pembelajaran Ramadhan. Berbagai macam variasi pembelajaran Ramadhan terangkum dalam modul tersebut . Untuk memudahkan pemahaman santri selain mendapat penjelasan secara langsung di dalam kelas, juga mendapat penjelasan melalui video yang dapat disimak setiap sore melalui kanal YouTube SDIT Persis Tarogong 2. Variasi pembelajaran tersebut antara lain kisah-kisah sahabat nabi, tasmi’ Al-Quran dan hadits, do’a -do’a, syarhil quran, evaluasi melalui teka teki silang dan  kegiatan menarik lainnya.

SDIT Persis Tarogong 2 juga menyelanggarakan MABIT untuk kelas 4 dan 5 dengan tema “Bersahabat dengan Al-Qur’an”. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jum’at-Sabtu tanggal (15-16) April 2022 . Antusiasme santri juga orangtua sangat tinggi terhadap kegiatan tersebut. Salah satu dari rangkaian kegiatan tersebut adalah Dongeng Palestina yang bekerja sama dengan Komisi Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP)-Garut . Diharapkan melalui dongeng ini, dapat menumbuhkan jiwa kemanusiaan yang salah satunya dengan berdonasi serta menjadi sarana hiburan yang lebih mengedukasi santri dan Alhamdulillah donasi terkumpul sebesar Rp. 3.333.000,-

Selain menggali potensi santri SDIT Persis Tarogong 2 juga memberikan tantangan kepada tenaga pendidik SDIT Persis Tarogong 2 melalui “Teacher Video Creative Challenge”. Asatidzah ditantang untuk membuat video kreatif yang berkaitan dengan pembelajaran.
Di penghujung kegiatan Ramadhan SDIT Persis Tarogong 2 menyelenggarakan Haflah Imtihan yang dimeriahkan dengan berbagai lomba, diantaranya Tahfidz Challenge, Rangking 1 dan mewarnai serta menggambar.

Puncak kegiatan Ramadhan ditutup dengan pelaksanaan simulasi Sholat ied dengan imam sholat ied Ananda Satrio Alun Segoro dilanjut khutbah Ied oleh Ananda Muhammad Afnan Ibnu Raghib yang dilaksanakan Kamis (21/04) 2022 dengan tujuan untuk memberikan pengajaran kepada santri mengenai tata cara pelaksanaan shalat Iedul Fitri dan dilanjut dengan kegiatan Bakti sosial yang bekerjasama dengan Bidang Kesejahteraan Sosial Pesantren Persis Tarogong. Dan kegiatan Ramadhan ini memiliki harapan besar untuk menempa santri agar lebih memaksimalkan setiap waktu dengan ibadah,   meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan membentuk karakter islami.

#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X