Bidang Pendidikan Pesantren Persis Tarogong Lakukan Pembinaan Musyrif Asrama

Garut – Asrama Putra Pesantren Persis Tarogong pada hari Ahad (8/9/19) Bidang Pendidikan Pesantren Persis Tarogong melakukan pembinaan Musyrif. Sesuai dengan program disemester pertama asrama antara lain menyelenggarakan pembinaan Musyrif, hal ini untuk meningkatkan kinerja dan motivasi Musyrif yang kesehariannya membina santri yang mukim di asrama.

Ustadz Agus Abdurahman Kepala Asrama Putra menyatakan pembinaan ini merupakan program yang diagendakan sebagaimana terdapat dalam kalender Pendidikan Asrama Putra. Diharapkan ke depan Musyrif bisa lebih optimal dalam menjalankan pengasuhan dan pembinaan terhadap santri asrama.

Delapan Musyrif yang tinggal di asrama Putra mendapatkan pembinaan seputar pola pengasuhan oleh Bidang Pendidikan Pesantren Persis Tarogong Ustadz Yasir Ismail, S.Pd. Menurutnya pola pengasuhan dan pembinaan asrama ini sudah dirancang 5 tahun kebelakang, artinya secara konsep sudah ada dan matang hanya dalam perjalanan banyak mengalami hambatan dalam aplikasi sehingga belum bisa sepenuhnya optimal. Diharapkan dengan adanya pembinaan ini para Musyrif bisa menerapkan pola pengasuhan sesuai dengan konsep yang dirancang.

Kegiatan ini diagendakan akan menjadi kajian khusus Bidang Pendidikan sebagai upaya meningkatakan SDM Musyrif itu sendiri. Untuk diketahui, tugas Musyrif diasrama sangatlah berat selain dalam menjalankan kinerja sesuai tugas, Musyrif pun harus bisa memposisikan diri menjadi pengganti para orang tua itu sendiri.

Pembinaan santri yang dilakukan oleh Musyrif itu sendiri sangatlah intens. Dimulai dari membangunkan santri pukul 03.00 WIB untuk memastikan santri ikut shalat shubuh berjamaah, berangkat kesekolah. Dan ketika pulang sekolah dipastikan mereka pulang keasrama untuk makan siang, memastikan shalat ashar berjamaah, mengikuti kegiatan sore sampai malam dan terakhir memastikan mereka tidur diruangan dengan nyaman dan sudah mempersiapkan bahan untuk besok kesekolah. Dan semuanya itu tiada lain untuk menanamkan kebiasaan yang positif pada diri santri.

Sangat berat memang, namun disanalah ladang jihad pahala mereka, semoga Musyrif dengan ragam tugas dan kerjanya senantiasa dibimbing oleh Allah, sebab tanpa bimbingan dari-Nya sangat tidak mungkin mereka sanggup dalam mengasuh santri dengan berbagai karakter yang berbeda. Tak lupa senantiasa diberi keistiqomahan dan kemampuan dalam menjalankan tugas dan kewajiban, terakhir doakan mereka supaya senantias dalam sehat, mendapatkan naungan serta rahmat dari Allah SWT.

#pembinaanmusyrifasramaputra
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X