TK Persis Tarogong Kenalkan Cara Dagang Rasulullah Pada Anak

Garut – TK Persis Tarogong pada hari Kamis (17/10/19) memberikan pengalaman pada anak untuk berdagang berdasarkan cara dagang Rasulullah. Kegiatan ini adalah Kejutan Istimewa TK Persis Tarogong melalui pengenalan wirausaha dengan tema “Berdagang Ala Sunnah Rasulullah SAW”.

Ibu Mardiah,S.Pd Kepala TK Persis Tarogong menjelaskan bahwa kemampuan entrepreneurship (berdagang) menjadi sebuah keterampilan yang dibutuhkan di masa depan dalam menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0. Karenanya, kemampuan ini sudah harus diperkenalkan kepada anak anak sejak dini. Entrepreneurship adalah sebuah keahlian dan cara berpikir. TK Persis Tarogong mengajak anak-anak untuk berinovasi, berkreasi dan menggali potensi mereka. Perkembangan anak dan otak manusia terbukti secara ilmiah anak 0- 5 sangat penting perkembangannya.

Menanamkan nilai dan prinsip hidup benar di usia dini akan lebih baik dan akan membantu membentuk struktur pemikiran dari awal.
Berdagang ala Sunnah Rasul menjadi bagian dari penanaman nilai bagi anak-anak. Tema ini tidak hanya bertujuan mengenalkan sosok Muhammad sebagai teladan dalam setiap aspek kehidupan, tetapi juga memberikan pesan tentang jiwa wirausaha yang dapat diimplementasikan pada diri anak.

Kegiatan ini dikenalkan dengan beberapa tahapan, yakni ;
1. Pengantar tentang kegiatan
2. Penyampaian kisah tentang karakter Rasul saat berdagang
3. Penyampaian aturan main “bermain peran berdagang ala sunnah Rasul” dengan simulasi, pertama semua anak diberi kesempatan untuk melihat/ observasi barang yang akan dibeli. Kedua pembagian tugas anak (penjual dan pembeli) dan kegiatan transaksi jual-beli.

Kegiatan ini diikuti oleh anak dengan sangat antusias. Para pengajar mendekorasi halaman kelasnya sedemikian rupa menjadi suasana pertokoan yang menyenangkan. Kegiatan berdagang kali ini merupakan tahap awal dari kejutan istimewa bulan ini. Ke depan, puncaknya akan digelar dalam kegiatan “Serunya Berdagang ala Sunnah Rasulullah” yang melibatkan kerjasama para orang tua sebagai Event Organizer dan akan dilakukan di halaman sekolah secara serempak dengan mengundang teman-teman sebaya lainnya dari sekolah sekitar sebagai bentuk perwujudan karakter Nabi Muhammad sang Entrepreneur yang senantiasa bersahabat dan berbagi dengan sesama.

#kenalkananakberdagangcararasul
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X