berita

Tingkatkan Daya Literasi : 319 Santri MA Persis Tarogong Ikuti Sidang Karya Tulis

Garut – Kamis (4/11) 2021 Madrasah Aliyah Pesantren Persis Tarogong melaksanakan sidang Karya Tulis Ilmiah untuk santri kelas XII Angkatan 38 Tahun Pelajaran 2021/2022. Program Karya Tulis yang dikenal dengan istilah Kartul di lingkungan Pesantren Persis Tarogong merupakan program tahunan yang telah menjadi kalender tetap dan menjadi salah satu syarat kelulusan santri MA Persis Tarogong.

Linda Imaniar, S.Stat Biro Kartul MA Persis Tarogong menjelaskan bahwa berkembangnya era globalisasi adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari yang mempunyai dampak terhadap perubahan perilaku pribadi maupun sosial masyarakat. Untuk itu diperlukan kejelian dalam memilah-milah proses tersebut agar proses tersebut tidak menimbulkan dampak negatif. Santri memiliki potensi besar dalam mengontrol perubahan yang ada menuju ke arah yang positif.

Seiring dengan kemajuan zaman dan tuntutan di dunia pendidikan untuk tampil ke depan jelas Linda Imaniar, santri harus mampu meningkatkan intelektualitas, kreativitas, inovatif, dan berakhlak mulia. Untuk memenuhi tuntutan ini, maka santri harus membekali dirinya dengan ilmu-ilmu yang dibutuhkan. Santri dituntut untuk belajar banyak, tidak hanya dari bangku sekolah saja tetapi santri juga harus lebih banyak membaca, menulis dan menuangkan gagasannya secara sistematis.

Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut adalah dengan menyelenggarakan proses pembinaan oleh sebuah lembaga pendidikan yang representatif dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menampung sekaligus mampu menggali pontensi dan kreativitas santri agar tereksplorasi dengan baik.

“Dengan program Karya Tulis ini salah satu metode untuk santri dalam menuangkan ide dan gagasan terhadap sebuah topik yang dibahas secara sistematis. Kemudian hal lainnya dengan program Karya Tulis inipun bisa meningkatkan tradisi literasi di kalangan para santri. Untuk jumlah santri yang mengikuti sidang Karya Tulis pada tahun pelajaran 2021/2022 ini sebanyak 319 santri, 104 santri putra dan 215 santri putri yang dibagi dalam 23 majlis dan 46 penguji”, jelasnya

#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X