berita

Pengelolaan Pesantren Harus Profesional Meskipun Dalam Kondisi Pandemi

Garut – Raker (Rapat Kerja) setiap jenjang pendidikan dan unit telah dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Raker Mualimin dilaksanakan pada tanggal (5-6) Juli 2021, Raker Tsanawiyah dilaksanakan pada (7-8) Juli 2021, Raker SDIT 1 (7-8) Juli 2021, Raker SDIT 2 dilaksanakan pada tanggal (6-8) Juli 2021, Raker TK dilaksanakan pada tanggal (5-6) Juli 2021, Raker Diniyah pada tanggal (5-6) Juli 2021 dan Raker Asrama (9-10) Juli 2021.

Selepas pelaksanaan Raker kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan laporan hasil Raker jenjang pendidikan dan unit kepada Pesantren yang dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Untuk Mualimin laporan Raker disampaikan pada tanggal 12 Juli, TK & Diniyah 13 Juli, SDIT 1 & 2 14 Juli, dan Tsanawiyah pada tanggal 15 Juli 2021.

H. Mohammad Iqbal Santoso Mudir Am Pesantren Persis Tarogong menyampaikan bahwa pengelolaan Pesantren harus secara profesional baik dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Walaupun sekarang masih dalam kondisi pandemi yang dihadapkan pada ketidakpastian akan tetapi perencanaan program harus bisa dipastikan.

“Walaupun masa pandemi covid ini penuh dengan kondisi ketidakpastian, tetapi harus ada yang bisa dipastikan. Jangan hanya menunggu-nunggu, sebagaimana ketidakpastian kapan terjadinya kematian, tapi bisa dipastikan semua manusia akan mati”, jelasnya

Sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah ada setidaknya delapan standar yang menjadi bahan laporan kepada Pesantren dari hasil Raker yang telah dilaksanakan yaitu standar isi, standar proses, standar penilaian, standar kompetensi lulusan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar sarana prasarana.

“Alhamdulillah Rapat Kerja Pesantren dan Rapat Kerja masing-masing jenjang pendidikan telah dilaksanakan dan hasilnya telah disampaikan. Perencanaan yang dibahas dalam Raker ini telah sesuai dengan delapan standar yang telah ditetapkan dan telah disampaikan kepada Pesantren. Setelah pelaksanaan Raker ini kita bertawakal saja kepada Allah SWT, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan pertolongan kepada kita semua untuk merealisasikannya “, tutupnya

#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X