Pembinaan Pengembangan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan 2023 Pesantren Persatuan Islam Tarogong

Garut, 21 Oktober 2023. Pesantren Persatuan Islam Tarogong, sebagai lembaga pendidikan yang terus berkembang, telah memprioritaskan pengembangan sumber daya insani (SDI) sebagai fokus utama dalam pencapaian visi dan misinya. Dalam upaya meningkatkan kualitas SDI, Pesantren Persis Tarogong menyelenggarakan kegiatan pembinaan berjudul “Pengembangan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan” tahun 2023. Kegiatan yang melibatkan pimpinan pesantren, mudir satuan pendidikan, pembantu mudir, pimpinan asrama putra dan putri, serta pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang/unit di pesantren dari tingkat TK hingga Mu’allimin (Aliyah).

Sambutan Mudir ‘Am Pesantren Persis Tarogong Ust. H.M. Iqbal Santoso

Kegiatan ini didasari oleh prinsip-prinsip yang melandasi keberhasilan lembaga pendidikan. Ayat-ayat Al-Quran seperti Q.S. Al-An’am: 135 dan al-Isra: 36 & 84 menyoroti pentingnya pendidikan dan pengembangan diri. Sejalan dengan visi dan misi pesantren, program ini akan menjadi bagian integral dari pedoman kepegawaian pesantren dan program kerja pesantren dalam bidang SDI untuk tahun 2023-2024.

Dalam prosesnya kegiatan ini bertujuan ganda: (1). Mengembangkan Keterampilan Managerial dan Leadership: Program ini akan memberikan pimpinan di pesantren pelatihan keterampilan manajerial dan kepemimpinan berdasarkan nilai-nilai pesantren seperti Mahabbah, Mujahadah, Ta’awun, Amanah, dan Tawadhu’. (2) Mengembangkan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan: Selain fokus pada pimpinan, program ini juga bertujuan meningkatkan profesionalisme para pendidik dan tenaga kependidikan. Sasaran kegiatan ini mencakup seluruh 

Pembinaan Pengembangan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Pesantren Persatuan Islam Tarogong pada tahun 2023 terdiri dari dua kegiatan utama. Pertama, kegiatan “Stadium General” yang fokus pada Sosialisasi Pedoman Kepegawaian Pesantren Dan Kode Etik Pegawai, yang dipresentasikan oleh Hj. Ai Nurjanah, M.Ag (PMA Bidang SDI). Stadium General ini akan memastikan bahwa pedoman dan etika kepegawaian pesantren menjadi dasar pemahaman bagi seluruh pegawai.

Seminar dan Workshop “Managerial Dan Leadership Skill Berbasis Nilai Pesantren”  disampaikan oleh Endang Suryana, M.Pd

Kedua, rangkaian seminar dan workshop yang menawarkan wawasan mendalam dalam berbagai aspek penting pendidikan terbagi menjadi 4 seminar dan peserta yang yang berbeda sesuai spesialisasi dari setiap pendidik dan tenaga kependidikan. Pertama, “Pengembangan Profesionalisme PTK dalam menyongsong Paradigma Baru di Era Digitalisasi”  dibawakan oleh Dr. Ai Rosilah (Widyaiswara BBGP Jawa Barat). Seminar dan workshop yang dikhususkan untuk para pendidik. Kedua, “Managerial Dan Leadership Skill Berbasis Nilai Pesantren”  disampaikan oleh Endang Suryana, M.Pd (Pengawas Pendidikan Kabupaten Garut). Program yang ditujukan untuk para pimpinan dari setiap jenjang dan unit. Ketiga seminar dan workshop “Pengelolaan Administrasi Keuangan” disampaikan oleh Dewi Febriani, S.E.I., M.Ak., SAS, CA (Dosen IAI Tazkia, Konsultan Syari’ah Wealth Management). Pesertanya adalah Tenaga Administrasi dan keuangan disetiap jenjang. Dan Terakhir, “Motivasi dan Pengenalan menghafal Al-Qur’an metode Gaza (teori dan praktek)” yang dikhususkan untuk pengajar THQ dipandu oleh H. Muhammad Anwar, Lc (Pegiat Tahsin-Tahfizh Al-Quran Metode Gaza).

Seminar & Workshop “Pengembangan Profesionalisme PTK dalam menyongsong Paradigma Baru di Era Digitalisasi”  oleh Dr. Ai Rosilah

Keseluruhan rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya insani (SDI) di pesantren, membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dalam dunia pendidikan, dan menjadikan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam semua aspek dengan menggunakan bentuk dan metode pembelajaran yang interaktif, termasuk diskusi, sharing pengalaman, studi kasus, problem-solving, dan simulasi teknis. Program ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam kepada peserta mengenai berbagai aspek yang penting dalam manajemen pendidikan dan pengelolaan pesantren.

“Pembinaan Pengembangan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan 2023” di Pesantren Persatuan Islam Tarogong ini adalah bukti nyata dari komitmen pesantren dalam menciptakan masa depan pendidikan yang lebih cemerlang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. Dengan fokus pada pengembangan SDI, pesantren berusaha mewujudkan visi mereka sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam semua aspek.

—————-

@persistarogong

Komentar (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *