Panduan Sistem Pembayaran Biaya Pendidikan via SIAP-Virtual Account

Garut, 19 Dzulhijjah 1441 H
8 Agustus 2020 M

Kepada yang terhormat,
Orang Tua/Wali Santri
di Tempat

بســـم الله الرحمن الرحيـم

Mudah-mudahan Allah Subhanahu wata’ala senantiasa memberikan rahmat, hidayah, inayah, dan maghfirah-Nya pada setiap langkah kita menuju ridho-Nya. Amin.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan administrasi keuangan, serta untuk memudahkan orang tua/wali santri dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan, maka kami informasikan mekanisme baru sistem pembayaran biaya pendidikan untuk seluruh jenjang di Pesantren Persis Tarogong (TK, SDIT, SDIT2, Diniyah, Tsanawiyah, dan Mu’allimin) yang berlaku mulai tahun ajaran 2020-2021, sebagai berikut:

  1. Pembayaran biaya pendidikan (ISP, SPP, biaya asrama, uang makan, infaq, dan lainnya) dilakukan melalui sistem informasi terpadu SIAP (Sistem Informasi dan Administrasi Pesantren) dan melalui nomor Virtual Account (VA) yang bekerja sama dengan BNI Syariah;
  2. Setiap santri mendapat akun SIAP berupa username dan password untuk login, dan akan mendapatkan nomor Virtual Account (VA) atas nama santri yang bersangkutan untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan;
  3. Orang tua/wali santri mendapatkan informasi tagihan dan melakukan transaksi pembayaran biaya pendidikan setiap bulan melalui Sistem Informasi dan Administrasi Pesantren (SIAP) Persis Tarogong: siap.persistarogong.com dengan memasukan username dan password yang telah diberikan. (*Khusus untuk santri baru (seluruh jenjang) informasi username dan password SIAP akan diinformasikan segera oleh masing-masing jenjang)
  4. Pembayaran biaya pendidikan melalui sistem SIAP dan VA ini mulai berlaku untuk pembayaran bulan Agustus 2020, dan mulai bisa diakses pada Senin, 10 Agustus 2020. Seluruh pembayaran mulai Agustus 2020 dilakukan melalui SIAP dan VA.
  5. Panduan teknis pembayaran Virtual Account dapat dilihat pada lampiran surat ini atau dapat dilihat di persistarogong.com/PanduanSiapVA2020
  6. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi (pada jam kerja):
    • Humas Pesantren: 0813-1213-1476
    • Administrasi Keuangan Pesantren: 0813-1234-5981

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami haturkan terima kasih teriring doa jazakumullahu khairon katsiro.

الله يأخذ بأيدينا الى ما فيه خير للاسلام والمسلمين

Pimpinan Pesantren Persatuan Islam Tarogong

Mudir ’Am

ttd
Mohammad Iqbal Santoso

 


PANDUAN SISTEM PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN
PESANTREN PERSIS TAROGONG

 

  1. KETENTUAN UMUM
    1. SIAP atau Sistem Informasi dan Administrasi Pesantren adalah sistem informasi terpadu untuk menunjang berbagai kebutuhan data, informasi, dan administrasi di Pesantren.
    2. Setiap santri mendapat akun SIAP berupa username dan password untuk login ke sistem.
    3. VA atau Virtual Account adalah model pembayaran online yang bekerjasama dengan BNI Syariah. Dalam implementasinya, VA berfungsi untuk:
      • Pembayaran biaya pendidikan (seluruh jenjang)
      • uang tabungan atau uang saku santri asrama (masih dalam tahap pengembangan)
    4. Setiap santri mendapatkan nomor rekening Virtual Account (VA) atas nama santri yang bersangkutan, yang terdiri dari dari 16 digit. No VA tersebut berlaku selama menjadi santri di Pesantren Persis Tarogong (tidak akan berubah).
    5. Biaya pendidikan yang dibayarkan melalui VA harus sesuai dengan nominal tagihan yang tertera dalam SIAP.
    6. Pembayaran melalui VA secara otomatis terhubung dengan SIAP, sehingga tidak perlu mengirimkan konfirmasi bukti pembayaran
    7. Pembayaran melalui VA dapat dilakukan melalui:
      • Teller di kantor BNI/BNI Syariah
      • ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking BNI/BNI Syariah
      • Bank Lain (selain BNI/BNI Syariah), melalui menu Transfer Antar Bank atau Transfer Ke Bank Lain pada ATM, internet banking, atau mobile banking Bank tsb.
  2. PANDUAN TEKNIS
    1. Buka halaman SIAP: siap.persistarogong.com melalui browser (chrome/firefox/opera/dll), dapat diakses melalui komputer atau handphone
    2. Pilih LOGIN, lalu masukan username dan password, lalu pilih login sebagai orang tua/peserta didik
    3. Pilih menu KEUANGAN > PEMBAYARAN, untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan
    4. Pada menu PEMBAYARAN akan ditampilkan: Informasi Santri, berupa: Nama Santri, Tanggal Transaksi, Kode Transaksi, dan No Virtual Account.
    5. Pada bagian Detail Transaksi akan ditampilkan detail tagihan yang harus dibayar pada periode tersebut.
      Contoh: Saat SIAP diakses pada Agustus 2020, maka detail tagihan yang harus dibayar adalah SPP Bulanan bulan Agustus 2020 dengan nominal biaya sesuai jenjangnya.
    6. Jika ingin melakukan jenis pembayaran lain atau pembayaran bulan-bulan lain, maka bisa menambah item transaksi dengan klik tombol +
    7. Untuk melakukan pembayaran, Klik PROSES PEMBAYARAN. Pastikan seluruh informasi dan data diisi dengan benar, jika sudah sesuai maka klik PROSES TRANSAKSI
    8. Selanjutnya akan muncul informasi petunjuk untuk melakukan transaksi melalui Virtual Account beserta no VA, nama santri, nominal biaya dan batas akhir pembayarannya.
      Batas akhir pembayaran adalah 15x 24 jam setelah klik PROSES TRANSAKSI
    9. Selanjutnya lakukan pembayaran melalui kanal-kanal pembayaran Virtual Account:
      • Teller di kantor BNI/BNI Syariah
      • ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking BNI/BNI Syariah
      • Bank Lain (selain BNI/BNI Syariah), melalui menu Transfer Antar Bank atau Transfer Ke Bank Lain pada ATM, internet banking, atau mobile banking Bank tsb.
    10. Jika pembayaran telah dilakukan, maka pembayaran akan otomatis terkonfirmasi oleh SIAP (tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran)
    11. TRANSAKSI SELESAI.
    12. Setiap transaksi pembayaran akan tercatat dalam SIAP, untuk pengecekan catatan pembayaran dapat dilihat pada menu PEMBAYARAN > RIWAYAT KEUANGAN

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X