berita

Mengembangkan 5 Nilai Karakter Pesantren Dengan Pohon Karakter di TK Persis Tarogong

Garut – Pesantren Persis Tarogong pada Jum’at (24/09) 2021 menerima kunjungan studi banding Sekolah Mutiara Embun Pagi Ibun Bandung. Kunjungan ini secara resmi diterima terlebih dahulu oleh pihak Pesantren di Ruang Serbaguna kemudian setelah prosesi penerimaan langsung melakukan studi ke TK, SDIT 1 & 2. Dari Pesantren penerimaan kunjungan diwakili oleh Sekretaris Ustadz Diponegoro, Bidang Sarana Ustadz Pahad Nurdiansyah beserta para kepala yaitu Kepala SDIT Persis Tarogong Sofi Shofiah S.Pd.I Kepala SDIT Persis Tarogong 2 Ida Siti Farida M.Pd dan Kepala TK Persis Tarogong Heni Nuraeni S.Pd.I.

Dalam sesi sambutan yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan ada satu poin menarik yang disampaikan oleh Bidang kurikulum TK Persis Tarogong yaitu mengenai pengembangan lima nilai karakter Pesantren yang dikembangkan di TK Persis Tarogong dengan menggunakan pohon karakter. Untuk diketahui lima nilai karakter yang dikembangkan di Pesantren Persis Tarogong yaitu Amanah, Taawun, Tawadhu, Mahabbah dan Mujahadah.

Bidang Kurikulum TK Persis Tarogong Listia Ningrum M.Pd menyampaikan bahwa usia dini utamanya di Taman Kanak-kanak merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi dan kepribadian yang dimiliki oleh anak. Upaya pengembangan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui pendidikan karakter dalam pembelajaran. Menurutnya kegiatan ini tidak hanya terkait dengan kemampuan kognitif saja tetapi juga kesiapan mental, sosial dan emosional. Oleh karena itu dalam pelaksanaanya harus dilakukan secara menarik, bervariasi dan menyenangkan.

“Penerapan pendidikan karakter pada anak usia dini dapat dituangkan dalam program harian, yaitu tentang kepribadian anak, kemandirian, kedisiplinan, dan tanggung jawab sehingga anak siap mengikuti pembelajaran pada jenjang pendidikan selanjutnya dan masa dewasanya”, jelasnya

Taman Kanak-kanak jelas Listia, merupakan pendidikan bagi anak usia dini yang berada pada jalur formal yang tentunya harus mampu mempertahankan citra dan kualitas pembelajaran sehingga masyarakat tetap mengakui mutu dan proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Salah satunya dengan menyiapkan anak didik yang berkarakter.

Pohon sebagaimana diketahui merupakan ciptaan Allah yang dapat ditadabburi bersama-sama. Pohon memiliki bagian-bagian penting yang dapat memberikan manfaatnya masing-masing. Diantaranya akar yang akan menjadi pondasi dan memberikan kekuatan terhadap tumbuh kembangnya suatu pohon dan menentukan pula buah-buah yang akan dihasilkan dari pohon tersebut. Batang juga merupakan perwujudan dari tumbuh kembangnya suatu pohon. Tak lupa buah menjadi salah satu bagian penting yang merupakan hasil dari suatu pohon.

“Pendidikan Karakter anak usia dini diibaratkan menjadi suatu pohon yang berdiri kokoh dengan pondasi karakter yang mengakar sehingga menjadi berbuah suatu tabiat/sifat keseharian anak. Program “Pohon Karakter” yang ikut andil menjadi salah satu bagian dalam pengembangan pendidikan terutama pendidikan karakter di TK Persis Tarogong dan telah distimulasikan kepada TK/RA Persis se-Kecamatan Tarogong Kidul yang dirasakan keberhasilannya”, jelasnya

#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X