berita

Ibrahim & Ismail Adalah Uswah Bagi Umat

Garut – Ahad 10 Dzulhijjah bertepatan dengan 11 Agustus 2019 umat islam melaksanakan hari raya idul adha 1440 H. Begitupun di Pesantren Persis Tarogong pelaksanaan sholat idul adha 1440 H diikuti oleh ratusan jamaah sekitar wilayah Pesantren. Dan untuk Imam & Khotib di Pesantren Persis Tarogong adalah H Enak Sumpena, M.Pd.I, dan setidaknya ada 200 titik se Kabupaten Garut yang Imam & Khotibnya merupakan Da’i PD Persis Garut.

Dalam ceramahnya H. Ena Sumpena menyampaikan bahwa Al Quran adalah kenikmatan yang besar, karena dalam kandungan Al Quran banyak kisah yang menjadi contoh. Seperti halnya kisah nabi Ibrahim dan nabi Muhammad, merupakan contoh yang patut ditiru oleh umat.

 

Nabi Ibrahim sebagai uswatun hasanah dalam segala bidang, sehingga disebut kholilullah. Nabi Ibrahim diuji dengan bentuk perintah maupun larangan, mengerjakan perintah yang kadang tidak mau untuk mengerjakan, larangan yang kadang suka untuk melakukannya. Namun demikian setiap perintah Allah, Allah pasti memberikan pertolongan, tidak ada perintah yang paling berat kepada manusia kecuali perintah kepada nabi Ibrahim yaitu untuk menyembelih anaknya Ismail.

Menurut H. Ena ada beberapa hikmah dari kisah nabi Ibrahim ini, pertama Ibrahim contoh dalam mendidik keluarga. Kedua setelah beramal disyariatkan untuk berdoa, ini dilakukan tiada lain untuk mengikis habis rasa sombong dalam diri sebagaimana yang dilakukan oleh Ibrahim. Dan ketiga dalam melaksanakan ibadah kepada Allah pasti bersinggungan dengan ibadah sosial, seperti halnya ibadah qurban.

“Qurban ini ibadah yang memiliki hikmah, dengan melaksanakan qurban berarti kita bersyukur kepada Allah atas harta yang diberikan Allah. Kemudian akan lebih taqorub kepada Allah sehingga meningkatkan cinta kepada Allah, juga melatih diri untuk dermawan. Jika kita mengutamakan Allah Allah pun akan memberikan kecukupan, dan terakhir adalah menghilangkan sifat hewan dalam diri”.
#ceramahiduladha1440pesantrenpersis

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X