berita

Fieldtrip : Belajar Bersama dengan Gembira Dilingkungan Alam

Garut – SDIT Persis Tarogong 2 pada hari senin (15/01) 2022 melaksanakan melaksanakan salah satu program kegiatan pembelajaran yaitu Fieldtrip. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun yang diikuti oleh santri kelas 1 yang berjumlah 71 orang dan kegiatan fieldtrip kali ini bertempat di salah satu tempat wisata yang berada di kota Garut yaitu Mulih ka Desa.

Adah Mustahidah, M.Pd. I Kepala Sekolah SDIT Persis Tarogong 2 menjelaskan bahwa kegiatan Fieldtrip ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar secara nyata dengan berinteraksi langsung dengan alam dan lingkungan sekitar yang menjadi sumber belajar seluruh santri kelas 1. Oleh karena itu  fieldtrip dirancang berkaitan dengan kurikulum atau kegiatan belajar anak di kelas.

“Fieldtrip ini sebagai upaya memotivasi belajar santri karena menggunakan setting alam terbuka sebagai sarana kelas, serta memberikan dukungan proses pembelajaran secara menyeluruh yang dapat menambah aspek kegembiraan. Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan karena dapat bereksplorasi menciptakan suasana belajar seperti bermain”, jelasnya

Pada pembelajaran di luar kelas seperti Fieldtrip ini santri bisa menggunakan media pembelajaran yang konkret dan memahami lingkungan yang ada di sekitarnya. Juga untuk mengasah aktivitas fisik dan kreativitas siswa karena menggunakan strategi belajar sambil melakukan atau mempraktikkan sesuai dengan penugasan.

#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X