Bimbingan Teknis Wirausaha Pengolahan Kopi Resmi Berakhir

Garut – Bimbingan teknis wirausaha pengolahan kopi di Pesantren Persis Tarogong ditutup secara resmi pada hari jumat (9/8) 2019. Rangkaian bimbingan teknis pengolahan kopi ini dilakukan selama tiga hari mulai dari hari rabu (7/8) hingga jumat (9/8) sore dengan peserta sebanyak 20 orang.

H Mohammad Iqbal Santoso selaku Mudir Am Pesantren Persis Tarogong menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan bimtek kopi ini. Dengan terlaksananya bimtek ini diharapkan keberadaan kebun yang dikelola Pesantren dan kopinya bisa benar benar bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya bimtek ini bisa bermanfaat sehingga nilai tambah kopinya meningkat. Bermanfaat bagi santri, masyarakat sekitar kebun kopi, petani kopi sekeliling perkebunan kopi, juga hasil olahan ini harus bisa dipasarkan di sekitar Garut hingga ke luar Garut. Sehingga ini menjadi amal sholeh bagi semua karena merupakan suatu amanah untuk bisa mengolah kopinya dengan meningkatkan nilai tambahnya”. Jelasnya

Sementara Satrio selaku kepala seksi program Kementrian Perindustrian menyampaikan bahwa ke depan para peserta ini bisa menjadi wirausahawan yang sukses dan bersinergi dengan dinas Daerah kabupaten Garut. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ke depan adalah membuat legalitas usaha, melakukan pemasaran produk dan lainnya.

” Saya berharap para peserta yang telah mengikuti bimtek ini menjadi wirausaha yang sukses. Untuk program lainnya kita juga punya program restrukturisasi mesin dan peralatan. Dan minimal usahanya nanti memiliki legalitas usaha dari Pemerintah “. Tutupnya

#penutupanbimtekpengolahankopi
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X