berita

Belajar Mandiri Tetap Asyik ala Siswa TK Persis Tarogong

Belajar Mandiri Tetap Asyik ala Siswa TK Persis Tarogong

Garut – Virus Corona yang telah menjadi pandemi di Indonesia telah memberikan dampak terhadap pendidikan. TK Persis Tarogong ikut serta membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus tersebut, dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah. Pembelajaran di rumah dilaksanakan selama 2 pekan pada tahap pertama dan dilanjutkan pada pekan ke-3 sampai tanggal 12 April 2020.

Mardiah, S.Pd Kepala TK Persis Tarogong menjelaskan bahwa dalam melaksanakan kegiatan belajar mandiri TK Persis Tarogong tetap memegang prinsip-prinsip belajar yang menyenangkan. Tentunya orang tua menjadi bagian terpenting dalam kegiatan tersebut. Orang tua ikut andil dalam upaya membimbing, mengarahkan dan mengevaluasi. Orang tua menjadi jembatan bagi terlaksananya program yang dijalankan oleh sekolah.

Kegiatan belajar di rumah ini dikemas melalui dua tema besar. Pertama, “Rumahku Tempat Bermain dan Berkarya”. Tema ini diharapkan mampu menjawab tantangan bahwa rumah menjadi solusi terampuh dalam melawan pandemi corona, serta rumah menjadi tempat yang dapat dijadikan oleh anak sebagai tempat berkarya dan tempat yang dapat mengoptimalkan fitrahnya yakni bermain.

Kedua, “Penguatan Budaya Literasi”. Literasi atau membaca menjadi bagian yang penting bagi perkembangan anak. Membaca yang dimaksudkan adalah tentunya membaca yang sesuai dengan prinsip-prinsip perkembangan anak yang tertuang juga dalam permen 137 dan permen 146. Tema ini diambil dengan landasan filosofi bahwa kita senantiasa harus tanggap dan selektif terhadap informasi-informasi yang muncul di tengah musibah pandemi corona ini. Anak secara implisit dipahamkan tentang makna “iqro” yang sesungguhnya, yakni membaca ilmu tentang kebenaran.

“Dua tema besar ini dilaksanakan dengan program yang sistematis, terukur dan menyenangkan. Melalui penjadwalan yang rutin, dokumentasi dan evaluasi”, jelasnya

#belajarmandiritetapasyikalatkpersis
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X