931 Santri Ikuti Penilaian Tengah Semester

Garut – MA Persis Tarogong mulai tanggal 21 – 29 September 2019 melakukan Penilaian Tengah Semester (PTS). Penilaian Tengah Semester ini diikuti oleh seluruh santri MA mulai dari kelas X hingga XII sebanyak 931 santri.

Untuk kelas X santri yang mengikuti PTS sebanyak 341, kelas XI sebanyak 304 dan kelas XII sebanyak 289 santri. PTS ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengukur santri terhadap penguasaan mata pelajaran yang diberikan selama pembelajaran.

H. Aan Adam, Lc ketua pelaksana PTS menjelaskan bahwa Penilaian Tengah Semester ini dilakukan sebagai cara untuk mengukur kompetensi juga pengetahuan santri terhadap mata pelajaran yang telah diberikan. Penilaian ini juga sebagai hak santri mendapatkan evaluasi juga sebagai kewajiban guru memberikan evaluasi terhadap santri minimal 9-10 minggu semester berjalan.

Untuk di MA Persis sendiri, PTS ini dilembagakan dengan maksud agar mudah dalam mengakomodir dan lebih efektif bagi semua santri yang ada di kelas XII, XI, XII. Sementara jika tidak dilembagakan maka kemungkinan proses KBM akan terganggu dengan banyaknya ujian yang waktunya tidak menentu.

Untuk sistem penilaian sendiri di MA Persis Tarogong ada dua sistem yang digunakan yaitu penilaian berbasis komputer dan penilaian berbasis kertas pensil. Khusus untuk kelas XII diadakan penilaian tengah semester yang berbasis komputer yang diperuntukkan bagi 18 mata pelajaran yang diujiankan.

Tujuan penilaian berbasis komputer ini adalah sebagai cara untuk melatih santri membiasakan diri memakai komputer sebagaimana dalam ujian nasional. Selain itu penilaian dengan sistem komputer ini sebagai implementasi kurikulum abad 21 dimana pembelajaran dan penilaiannya dengan sistem IT sehingga lebih efektif juga melatih kejujuran santri.

#ptssantrimapersistarogong
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X