berita

Nabi Ibrahim Sosok Teladan selain Nabi Muhammad

Garut – Hari Raya Idul Adha pada tahun 2022 ini bertepatan dengan hari Ahad 10 Dzulhijjah 1443 H / 10 Juli 2022 M. Hari Raya Idul Adha tahun ini Pesantren Persis Tarogong kembali menggelar pelaksanaan sholat Idul Adha di lapangan timur Pesantren dengan Imam dan Khotib Ustadz Muhammad Nur Siddiq, M.Ag Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Persis Tarogong Kidul.

Perayaan Hari Raya Idul Adha, jika dilihat dalam aspek sejarah Islam tidak akan terlepas dari sosok Nabi, yaitu Nabi Ibrahim dan Ismail. Dari dua sosok Nabi inilah syariat ibadah qurban bagi umat Islam bermula.

Nabi Ibrahim dikenal dengan bapak para Nabi maka populer disebut Abul Anbiya, karena dari keturunan Nabi Ibrahim lahir para Nabi di masa selanjutnya. Maka dari itu teladan bagi umat islam tentunya bukan saja dari sosok Nabi Muhammad akan tetapi pribadi Nabi Ibrahim pun menjadi teladan bagi umat Islam, umat Nabi Muhammad.

Dalam kesempatan khutbah Idul Adha 1443 H, Ustadz Muhammad Nur Siddiq menyampaikan bahwa Nabi Ibrahim adalah sosok teladan bagi umat islam selain sosok Nabi Muhammad. Ibadah qurban yang kini dilaksanakan oleh umat islam bermula dari Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim sebagai sosok teladan bagi umat dijelaskan oleh Allah dalam Al Qur’an surat
Al Mumtahanah ayat 4 dan sosok teladan Nabi Muhammad Allah jelaskan dalam Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 21. Dalam dua surat tersebut ada perbedaan penyimpanan kata uswatun, sehingga dalam maknapun memiliki makna tersendiri.

“Dalam surat Al Mumtahanah penyimpanan kata uswatun sebelum kata Ibrahim. Dalam surat Al Ahzab kata uswatun terletak setelah kata Rasulullah (Muhammad). Perbedaan penyimpanan uswatun hasanah ini menurut para mufasir bermakna, jika dalam diri Rasulullah seluruhnya uswatun hasanah dan dalam diri Nabi Ibrahim ada uswah tetapi tidak seluruh kehidupannya “, jelasnya

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan teladan dari sosok Nabi Ibrahim, yaitu : meneladani dari sisi do’a kepada Allah, bagaimana berdo’a mendidik anak-anak, istiqomah dalam islam sampai meninggal, menjaga aqidah, senantiasa mendoakan anak anak dan senantiasa mendirikan sholat.

#humaspesantrenpersistarogong

 

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X