berita

Bina Karakter Santri, SDIT Persis Tarogong Selenggarakan Persami

Garut – Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, memberi format kegiatan yang mampu memberikan bekal nilai-nilai kepribadian, watak, moral, serta disiplin yang berlandaskan program kegiatan siaga dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan secara aktif dan berkesinambungan yang akhirnya sebagai wujud nyata dan sebagai motor penggerak dalam pembangunan.

Untuk mewujudkan hal tersebut perlu diberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan bagi para anggota Pramuka Gudep 03-163.03-164 Pangkalan SDIT Persis Tarogong dalam upaya pembentukan watak dan mental menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila dengan menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Kamis dan Jumat, atau disingkat menjadi Persami 2019. Persami ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu (23-24/11/19) bertempat di Karacak Valley. Sementara peserta terdiri dari peserta didik gerakan pramuka Gugus Depan 03-163.03-164 Persami SDIT Persis Tarogong kelas V dengan jumlah 168 siswa.

Iyus Susanto, M.Pd Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menjelaskan Persami tingkat penggalang merupakan salah satu usaha dalam pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, khususnya penggunaan sistem yang membina karakter anak dalam kehidupan sehari-hari. Persami tingkat penggalang merupakan sarana pemberian pendidikan atau latihan bagi pemimpin regu dan wakil pemimpin dan anggota tiap regu, juga sebagai sarana bagi para Pembina Pramuka dan pembantu Pembina Pramuka untuk menerapkan sistem pamong, yaitu memberi kepercayaan dan tanggung jawab kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu, untuk bersama-sama belajar mengelola dan memimpin regunya.

Adapun tujuan kegiatan Perkemahan Sabtu – Minggu Tingkat Penggalang adalah :
1. Menanamkan disiplin dan sikap mental yang lebih baik.
2. Mengadakan kegiatan yang positif bagi para peserta didik.
3. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar kemandirian dan berinteraksi dengan masyarakat.
4. Memberikan pengalaman dan petualangan yang menarik di alam terbuka.
5. Menjadi pramuka yang mempunyai pendidikan karakter
6. Mengetahui dan paham tentang pendidikan gerakan pramuka
7. Menjalin kebersamaan dengan adanya perkemahan
8. Meningkatkan mutu kecakapan, ketrampilan dan kemampuan
9. Membina kerjasama yang baik dalam kelompok
10. Mengembangkan kreatifitas dan aktifitas Gerakan Pramuka Penggalang dalam mempersiapkan diri membangun masyarakat agar menjadi anggota Gerakan Pramuka yang tinggi mental, moral, budi pekerti, sehat jasmani dan rohani.

“Persami tingkat penggalang dilaksanakan dalam bentuk latihan atau kegiatan praktek secara praktis, dengan memberikan sekedar teori secara praktis pula, guna menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan tersebut. Persami tingkat penggalang dilaksanakan dengan bermalam ditenda dalam perkemahan atau dalam asrama kelas, ” jelasnya

#persamisditpersistarogong
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X