berita

Bekali Life Skill Santri SDIT Persis Tarogong Selenggarakan Home Stay

Garut – Sekolah bukanlah satu-satunya tempat untuk belajar dan mengembangkan potensi akademik maupun nonakademik peserta didik. Sebagai bagian dari lingkaran pembentukan karakter, sekolah dan orang tua sebagai salah satu stakeholder mempunyai kewajiban secara bersama-sama mengembangkan pola pembelajaran di luar sekolah yang erat kaitannya dengan pembentukan karakter ini.

Untuk itu SDIT Persis Tarogong menggelar Home Stay, kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis-Jumat (14–15/11/19) bertempat di Kampung Nangewer, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu Garut. Bentuk kegiatan Home Stay ini adalah melakukan kunjungan terhadap lingkungan masyarakat sekitar, Ikut serta dalam aktifitas keluarga yang menjadi tempat tinggal sementara peserta didik dan mengkuti kegiatan yang diadakan di masyarakat.

Iyus Susanto, M.Pd Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menjelaskan Program Homestay adalah program yang dirancang khusus dengan bermukim di rumah-rumah penduduk di suatu daerah tertentu untuk dijadikan tempat tinggal sementara bagi peserta didik dan berlangsung beberapa hari. Kegiatan Home Stay ini bertujuan untuk melatih empati peserta didik, meningkatkan kecerdasan emosional mereka, dan belajar melakukan penelitian ilmiah sederhana di lingkungan yang dikunjungi.

Home Stay ini adalah kegiatan yang khusus bagi kelas enam sebagai upaya menanamkan pada peserta didik bekal keterampilan hidup, dan pengalaman tentang hiruk pikuk kehidupan di desa dengan melakukan pengamatan secara langsung. Dengan mengacu pada konsep integral dimana setiap kegiatan diharapkan mengandung tiga aspek belajar yaitu intelektual, mental spiritual, dan ketrampilan yang disampaikan dalam kegiatan Home Stay bertujuan untuk melatih empati peserta didik terhadap lingkungan sekitar, meningkatkan kecerdasan emosional mereka, belajar melakukan industry visit sederhana di lingkungan yang mereka kunjungi dan menanamkan karakter peserta didik menjadi pembelajar.

#homestaysditpersistarogong
#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X