berita

Penguatan Profesionalisme : Tema Besar Musyawarah Kerja Pesantren Persis Tarogong Tahun 2021-2022

Garut – Bertepatan dengan hari rabu (30/06) 2021 Pesantren Persis Tarogong menggelar Raker (Musyawarah Kerja). Raker tingkat Pesantren ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 30 Juni 2021 sampai dengan tanggal 1 Juli 2021 bertempat di Ruang Rapim Pesantren Persis Tarogong. Tema besar yang diusung dalam Raker tahun ini adalah ‘Penguatan Profesionalisme’ dan kegiatan Raker ini pesertanya adalah Mudir Am, para pembantu Mudir Am ; Sekretaris, Bidang SDI, Bidang Pendidikan, Bidang Sarana, Bidang Kesra, Para Kepala Unit ; THQ, Asset & Usaha, Asrama Putra & Putri juga para Mudir Satuan ; Mualimin, Tsanawiyah, SDIT, TK dan Diniyah.

Dalam kondisi pandemi ini proses pembelajaran berikut penilaian relatif banyak yang disederhanakan. Namun demikian  profesionalisme harus senantiasa dipertahankan bahkan harus ditingkatkan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan Pesantren. Hal ini sebagaimana disampaikan H. Mohammad Iqbal Santoso Mudir Am Pesantren Persis Tarogong dalam prakata Musyawarah Kerja Pesantren Persis Tarogong tahun 2021.

Menurutnya kegiatan penyelenggaraan Musyawarah Kerja ini adalah sebagai upaya untuk melaporkan juga mengevaluasi program yang telah dilaksanakan satu tahun. Selain bentuk laporan dan evaluasi, Musyawarah Kerja ini pun sebagai proses penyusunan berikut kebijakan Pesantren untuk satu tahun ke depan. Mengingat masih dalam kondisi pandemi, banyak program yang disederhanakan namun demikian harus tetap mempertahankan kualitas dan meningkatkan profesionalisme sumber daya insaninya.

“Tema besar Musyawarah Kerja tahun ini adalah Penguatan Profesionalisme. Profesional dalam berbagai bidang, terutama dalam hal sumber daya insaninya”, tegasnya

Selain profesionalisme, hal lain yang menjadi fokus perhatian dalam Musyawarah Kerja tahun ini adalah penyusunan standarisasi untuk berbagai bidang, baik sumber daya insani, sarana prasarana, kesejahteraan sosial, pendidikan dan keuangan. Dengan adanya standarisasi ini akan memudahkan untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul dalam berbagai bidang.

“Untuk mewujudkan lembaga pendidikan unggul harus memiliki sumber daya insan yang profesional dan memiliki standar yang jelas baik dalam sarana prasarana, kesejahteraan sosial, pendidikan maupun keuangan. Sehingga proses standarisasi ini tidak hanya menjelang akreditasi saja, tetapi sudah disiapkan. Sehingga pada saat akreditasi pun disampaikan sesuai kondisi real, yang kurang diperlihatkan secara jujur sesuai kondisi aslinya agar bisa diperbaiki “, jelasnya

Setelah Musyawarah Kerja tingkat Pesantren ini dilaksanakan, maka selanjutnya akan dilaksanakan Musyawarah Kerja tingkat Jenjang Pendidikan untuk merumuskan dan menterjemahkan program dan kebijakan Pesantren tahun 2021-2022. Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, Raker Mualimin dilaksanakan pada tanggal (5-6) Juli 2021, Raker Tsanawiyah dilaksanakan pada (7-8) Juli 2021, Raker SDIT 1 (7-8) Juli 2021, Raker SDIT 2 dilaksanakan pada tanggal (6-8) Juli 2021, Raker TK dilaksanakan pada tanggal (5-6) Juli 2021, Raker Diniyah pada tanggal (5-6) Juli 2021 dan Raker Asrama (9-10) Juli 2021.

#humaspesantrenpersistarogong

Komentar (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X