Program Sosial Kemasyarakatan

Selain menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan da’wah Pesantren Persatuan Islam Tarogong juga mengembangkan kegiatan sosial dan kemasyarakatan, di antaranya:

1. Santunan Yatim Piatu & Kaum Dhu’afa

Sebagian santri yang belajar di Pesantren berasal dari keluarga miskin dan yatim piatu. Mereka berada dalam pengasuhan Pesantren dan memperoleh hak, kewajiban, serta perlakuan yang sama dengan santri lainnya. Sehingga mereka dapat merasakan ukhuwwah masyarakat Muslim sebagai keluarganya.

Pesantren juga menampung santri kurang mampu dan muallaf dari daerah IDT/terpencil, baik yang berasal dari daerah sekitar pesantren dan Jawa Barat maupun dari luar Jawa seperti Bali, NTT, Maluku, Sumut, dll.

 

2. Pengembangan Kopontren & Ekonomi Ummat

Sebagai bentuk kepedulian pesantren bagi kesejahteraan warga dan masyarakat sekitar pesantren, dibentuk Koperasi pesantren (Kopontren) Assalam, sebagai upaya peningkatan & pengembangan ekonomi ummat.

Kegiatan kopontren meliputi pendidikan koperasi, distribusi, penjualan, dan usaha simpan pinjam sistem syariah. Menjalin kerjasama dengan berbagai fihak untuk pemberdayaan ekonomi ummat dalam bidang usaha produktif.

 

3. Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Melalui poliklinik AlAmanah, pesantren turut serta memberikan pendidikan dan pelatihan kesehatan bagi santri, serta bantuan pelayanan kesehatan bagi warga dan masyarakat sekitar pesantren.

Fasilitas yang tersedia meliputi: poliklinik umum, poliklinik gigi, balai kesehatan ibu dan anak (BKIA), serta pelayanan khitanan.

 

4. Layanan Penitipan Anak (LPA)

Pesantren menerima titipan balita selama orangtuanya bekerja di sekitar Pesantren, sehingga ibunya bisa menyusui sambil tetap bekerja produktif. Disediakan tenaga pengasuh serta pengawasan kesehatan dan gizi anak serta lingkungan yang sehat.

 

5. Menghimpun & Menyalurkan ZIS, Qurban

Untuk menyantuni dan membiayai pendidikan yatim piatu, fakir miskin, dan kaum dhu’afa, Kami menampung zakat, infaq dan shadaqah. Serta menerima dan mengkoordinir masyarakat untuk menjadi orangtua asuh.

Pesantren juga menampung Zakat Fitrah, Zakat Mal, Infaq & Shodaqoh (ZIS) serta penyembelihan hewan Qurban untuk disalurkan kepada kaum dhuafa  yang berada di sekitar Pesantren dan mustahiq dari daerah lain yang membutuhkan

 

6. Beasiswa Santri Miskin, Yatim & Berprestasi

Pesantren menyediakan beasiswa bagi santri yatim, miskin dan berpretasi dengan membebaskan biaya pendidikan selama belajar di Pesantren.

Santri yang memperoleh beasiswa penuh diutamakan berasal dari daerah terpencil atau dari daerah yang membutuhkan tenaga da’i (muballigh) di daerahnya


القرآن الكريم

لِيَجْزِيَهُمُ اللَّهُ أَحْسَنَ مَا عَمِلُوا وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِ وَاللَّهُ يَرْزُقُ مَن يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

الآية رقم 38

من سورة النور


Mahabbah
Kasih Sayang

dasar kepercayaan akan persamaan dan keinginan baik untuk mewujudkannya

Tawadhu
Rendah Hati

sikap mensyukuri terhadap
apa yang telah diberikan
oleh Sang Maha Perkasa

Taawun
Kerja Sama

saling tolong-menolong
akan membuat
kekuatan tak terkalahkan

Amanah
Kejujuran

mengembangkan
keseimbangan antara
hak dan kewajiban

Mujahadah
Kesungguhan

menundukkan nafsu guna memenuhi kewajiban Allah dan menjauhi laranganNya


persistarogonglogo lite

Pesantren Persatuan Islam Tarogong Garut
Jalan Terusan Pembangunan No 1 Rancabogo Tarogong Kidul Garut 44151
Tel/Fax: (0262) 234657, 540453 Email: info@persistarogong.com