Pelepasan Santri Kelas XII Mu’allimin Persis Tarogong Angkatan ke-28

/ Comments

P1020363Sebanyak 157 santri kelas XII Madrasah Aliyah & Mu’allimin Persis Tarogong mengikuti acara pelepasan yang dilaksanakan di halaman (selatan) Pesantren Persis Tarogong Garut, Ahad 2 Juni 2013. Acara pelepasan dengan tema “Membina Generasi Tauhid dan Berakhlak Mulia dibawah Naungan Al-Quran dan As-Sunnah” ini merupakan tonggak lahirnya generasi baru alumni pesantren Persis Tarogong yang berilmu, beriman, berakhlaq, dan tafaqquh fiddin, yang siap berkhidmat untuk umat.

Acara yang berlangsung sederhana dan khidmat ini dihadiri oleh asatidz/asatidzah, orang tua/wali santri, serta sejumlah tamu undangan. Secara seremonial acara diisi dengan sejumlah sambutan dari perwakilan santri, perwakilan orang tua santri, Mudir Mu’allimin Ustadz Saeful Hayat, Mudir ‘Aam Pesantren Persis Tarogong Ustadz M. Iqbal Santoso, Bidgar Pendidikan Pimpinan Daerah Persis Garut, serta taushiah dari alumni Mu’allimin angkatan pertama, Ustadz Aceng Toha.

Musthafa Al-Hasyiri, mewakili para santri memberikan sambutan
para santri berprestasi menerima piagam penghargaan dari pesantren.
para santri berprestasi menerima piagam penghargaan dari pesantren.
Farhan membacakan ayat suci AlQuran pada pembukaan acara pelepasan

 

Pada kesempatan itu Ustadz Iqbal memberikan nasihat bahwa santri yang akan dilepas ini akan menjadi alumni pesantren yang memilik nilai lebih dibanding yang lain. “Perlihatkanlah kepada masyarakat bahwa kalian adalah alumni yang memiliki karakter dan akhlak.” Beliau juga menitipkan pesan kepada santrinya, “Kemanapun kalian kuliah, carilah tempat tinggal yang dekat dengan masjid.”

Musthafa Al-Hasyiri, perwakilan dari santri, dalam sambutannya menyatakan bahwa apa yang dilaluinya selama tiga tahun di pesantren akan menjadi kenangan terindah dalam hidup. Ia pun berpesan bahwa kita harus bangga menjadi lulusan pesantren. “Anggapan yang salah kalau lulusan pesantren tidak akan bisa bersaing dengan sekolah lain. Karena hari ini kita membuktikan bahwa lulusan pesantren juga bisa mencetak calon dokter, ahli tafsir, ahli ekonomi, dan lainnya”, ujarnya dengan disambut tepuk tangan para hadirin.

Acara pelepasan ini pun diselingi hiburan, dengan menampilkan kreativitas para santri kelas XII seperti pentas nasyid, puisi, dan tembang biola. Kemudian diikuti dengan beberapa pengumuman, di antaranya pengumuman santri berprestasi baik akademik maupun non-akademik, juga pengumuman beberapa santri yang telah dinyatakan diterima di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Berdasarkan data dari pesantren, hingga saat ini tercatat sudah 28 santri yang sudah diterima di perguruan tinggi melalui berbagai jalur penerimaan.

Di penghujung acara, Ustadz Aceng Toha menyampaikan orasi imliah sekaligus taushiahnya kepada para santri dan segenap hadirin. Beliau menekankan pentingnya akhlakul karimah dalam kehidupan berjam’iyyah.

 

Acara berakhir dengan foto-foto bersama para santri, ramah tamah serta makan siang bersama. Dengan acara pelepasan ini, Pesantren pun berharap agar tidak membuat silaturahmi para santri dan pesantren menjadi terputus.

“Saya bersyukur menjadi bagian dari pesantren ini, karena pesantren ini membuat saya lebih memahami indahnya AlQuran dan mengajarkan saya arti penting kehidupan. Terima kasih untuk semua asatidz yang telah berjasa dalam kehidupan saya”, ungkap Riyan, salah seorang santri. (afwa)


Berita Pesantren Terbaru

Berita Sebelumnya...

Artikel Islam Terbaru

Artikel Sebelumnya...

Mahabbah
Kasih Sayang

dasar kepercayaan akan persamaan dan keinginan baik untuk mewujudkannya

Tawadhu
Rendah Hati

sikap mensyukuri terhadap
apa yang telah diberikan
oleh Sang Maha Perkasa

Taawun
Kerja Sama

saling tolong-menolong
akan membuat
kekuatan tak terkalahkan

Amanah
Kejujuran

mengembangkan
keseimbangan antara
hak dan kewajiban

Mujahadah
Kesungguhan

menundukkan nafsu guna memenuhi kewajiban Allah dan menjauhi laranganNya


persistarogonglogo lite

Pesantren Persatuan Islam Tarogong Garut
Jalan Terusan Pembangunan No 1 Rancabogo Tarogong Kidul Garut 44151
Tel/Fax: (0262) 234657, 540453 Email: info@persistarogong.com