Santri Bersihkan Spanduk Liar yang Merusak Lingkungan

/ Comments
cabut spanduk

Beberapa santri sedang mencabut spanduk liar yang menempel di pohon tepat di depan gerbang Pesantren

GARUT–Puluhan santri Pesantren Persis Tarogong Garut bergotong-royong membersihkan spanduk-spanduk yang bertebaran sepanjang jalan depan pesantren, Jalan Terusan Pembangunan, Tarogong Kidul. Aksi santri tersebut dilakukan atas dasar keprihatinan melihat banyaknya spanduk dan baliho yang dipasang di sejumlah pohon di sepanjang jalan Pesantren Persis Tarogong.

Dari aksi tersebut, santri berhasil mengamankan 64 buah baliho, spanduk, dan umbul-umbul. Spanduk-spanduk yang berhasil diamankan pun bervariasi, mulai dari spanduk partai politik, calon kepala daerah, lembaga perkuliahan, pijat refleksi, dan lainnya.

“Aksi ini murni kami lakukan karena kasian melihat pohon-pohon yang selalu saja disakiti oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Pohon juga kan makhluk Allah, maka selayaknyalah kita menjaganya. Bukan malah dipaku dan ditempeli spanduk-spanduk,” ungkap Fahmi, santri Tsanawiyyah Pesantren Persis Tarogong.

Santri sedang menurunkan spanduk liar yang 'melukai' pohon di depan Mesjid Ihyaul Islam, Persis Tarogong.

Santri sedang menurunkan spanduk liar yang ‘melukai’ pohon di depan Mesjid Ihyaul Islam, Persis Tarogong.

Dalam aksi itu, sejumlah ustadz dan masyarakat pun menyambut baik bahkan ada yang ikut membantu aksi tersebut. Namun ditengah aksi ada saja pihak yang  salah menanggapi aksi itu. “Saat kami sedang membersihkan spanduk, ada pihak yang sempat memprotes penurunan spanduk tersebut. Namun setelah dijelaskan mereka akhirnya pergi dengan mengambil spanduk salah satu parpol,” ujar seorang santri.

Aksi yang dilakukan pada Ahad, 14 April 2013 ini juga bertujuan menjaga ketertiban dan kebersihan Pesantren Persis Tarogong sehari menjelang Ujian Nasional dilaksanakan. “Saya sekarang lebih nyaman melihat area sekitar pesantren lebih rapi, dan membuat saya lebih nyaman dalam menjalani ujian besok”, ujar Reksi, santri kelas tiga Aliyah Persis Tarogong.

Berdasarkan pengamatan, dari puluhan spanduk yang berhasil dibersihkan, tak satupun spanduk yang mempunyai izin pemasangan. Terbukti dengan tidak adanya cap/stempel izin dari pihak berwenang.

Salah seorang ustadz yang juga ikut dalam aksi tersebut berharap agar masyakarat bisa serta merta menjaga lingkungan. “Jangan sampai gara-gara kepentingan pribadi atau golongan, hak hidup pohon sebagai makhluk Allah diabaikan begitu saja”, ungkap Ustadz Latief. Semoga kita lebih bisa menghargai lingkungan, sebab jika kita menghargai lingkungan, lingkungan pun akan menghargai kita.

(afwa)


Berita Pesantren Terbaru

Berita Sebelumnya...

Artikel Islam Terbaru

Artikel Sebelumnya...

Mahabbah
Kasih Sayang

dasar kepercayaan akan persamaan dan keinginan baik untuk mewujudkannya

Tawadhu
Rendah Hati

sikap mensyukuri terhadap
apa yang telah diberikan
oleh Sang Maha Perkasa

Taawun
Kerja Sama

saling tolong-menolong
akan membuat
kekuatan tak terkalahkan

Amanah
Kejujuran

mengembangkan
keseimbangan antara
hak dan kewajiban

Mujahadah
Kesungguhan

menundukkan nafsu guna memenuhi kewajiban Allah dan menjauhi laranganNya


persistarogonglogo lite

Pesantren Persatuan Islam Tarogong Garut
Jalan Terusan Pembangunan No 1 Rancabogo Tarogong Kidul Garut 44151
Tel/Fax: (0262) 234657, 540453 Email: info@persistarogong.com