Sepintas Program Kerja Ummahatul Ghad Mu’allimin

/ Comments

Sama halnya dengan sekolah menengah atas pada umumnya, MA Persis Tarogong juga memiliki Organisasi Intra Sekolah (OSIS) yang biasa disebut Organisasi Ummahatul Ghad Mu’allimin atau disingkat UGM. UGM merupakan istilah untuk pengurus putri, sedangkan untuk pengurus putra biasa disebut Rijalul Ghad Mu’allimin atau disingkat RGM.

Organisasi UGM dibagi ke dalam beberapa Bidang Garapan (Bidgar) yang memiliki beberapa program  rutin yang dikelompokan ke dalam program mingguan, bulanan, semesteran, dan tahunan.

Program mingguan UGM diantaranya mengadakan Tamhidul Muballighat, yaitu semacam kegiatan untuk melatih santri agar mampu berdakwah dimanapun dan kapanpun mereka dibutuhkan, terutama saat terjun di masyarakat. Tamhidul Muballighat ini diikuti oleh santri kelas X dan XI. Selain Tamhidul Muballighat, UGM juga rutin mengadakan Club Belajar, seperti Club Biologi, Club Bahasa, Club Matematika, dan club lainnya.

Program bulanan UGM di antaranya mengadakan berbagai training atau pelatihan. Di antara training-training yang pernah diadakan yaitu Training Motivasi, Training Jurnalistik, Training Motivasi Da’wah, Training Kesehatan,  dan training-training lainnya.

Program semesteran UGM yaitu Haflah Imtihan. Program tersebut diadakan setelah seluruh santri melaksanakan Ujian Akhir Semester. Di antara kegiatan yang diadakan dalam Halah Imtihan yaitu mengdakan berbagai lomba yang melibatkan pengawasan asatidz, seperti lomba debat, lomba pidato, lomba membaca puisi, dan lomba-lomba lainnya.

Program tahunan UGM merupakan program paling besar yang dimiliki UGM, seperti mengadakan Bakti Sosial, program tersebut biasa dilaksanakan pada akhir bulan Ramadlan. Selain itu UGM juga mengadakan kegiatan Mukhayyam Tarbawi atau yang lazim disebut berkemah di alam bebas. Kebanyakan pesantren mengadakan Mukhayyam hanya untuk santri putra, akan tetapi di MA Persis Tarogong seluruh santri baik putra mau pun putri diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dan program terbesar lainnya yaitu mengadakan Lomba Berda’wah Sambil  Bercerita se-Kabupaten Garut tingkat SMP/Tsanawiyyah. Program ini merupakan program turunan dari Tamhidul Muballighat. Seluruh santri yang mengikuti Tamhidul Muballighat  ikut terlibat  atas penyelenggaraan lomba tersebut.

Itu lah beberapa program rutin organisasi UGM yang biasa dilakukan oleh santri putri dalam upaya melatih santri agar bisa aktif di bidang non-akademik. (tsani)

Posted from Android


Berita Pesantren Terbaru

Berita Sebelumnya...

Artikel Islam Terbaru

Artikel Sebelumnya...

Mahabbah
Kasih Sayang

dasar kepercayaan akan persamaan dan keinginan baik untuk mewujudkannya

Tawadhu
Rendah Hati

sikap mensyukuri terhadap
apa yang telah diberikan
oleh Sang Maha Perkasa

Taawun
Kerja Sama

saling tolong-menolong
akan membuat
kekuatan tak terkalahkan

Amanah
Kejujuran

mengembangkan
keseimbangan antara
hak dan kewajiban

Mujahadah
Kesungguhan

menundukkan nafsu guna memenuhi kewajiban Allah dan menjauhi laranganNya


persistarogonglogo lite

Pesantren Persatuan Islam Tarogong Garut
Jalan Terusan Pembangunan No 1 Rancabogo Tarogong Kidul Garut 44151
Tel/Fax: (0262) 234657, 540453 Email: info@persistarogong.com