[“Ramadhan Kita”] Pentingnya Pengurusan Jenazah

/ Comments

Naqieb dan Naqiebah Pesantren Persatuan Islam kembali menyelenggarakan kegiatan dalam rangkaian acara bertajuk “Ramadhan Kita”. Setelah sebelumnya sukses menggelar training ESQ pada Sabtu (21/7) lalu, kali ini Naqieb-Naqiebah mengadakan “Training Kepengurusan Jenazah”. Kegiatan dalam rangka memakmurkan bulan Ramadhan ini berlangsung pada Sabtu (28/7) lalu di Gedung Olahraga (GOR) Pesantren. Pentingnya kegiatan ini sejalan dengan salah satu misi Pesantren Persatuan Islam Tarogong yaitu ‘membina insan yang tafaqquh fiddin (memahami agama)’.

Dihadiri oleh sekitar 200 santri yang berasal dari santri asrama putra dan asrama putri, acara kali ini khusus diikuti oleh santri tingkat Mu’allimin. Ini mengingat pentingnya peran santri Mu’allimin dalam masyarakat saat ini. Di samping sebagai bekal ketika kelak lulus dari pesantren, kegiatan ini juga menjadi ajang latihan khususnya bagi santri kelas 3 Mu’allimin agar lebih siap dalam menghadapi ujian akhir, yang salah satunya adalah praktek mengurus jenazah.

Pemateri yang dihadirkan berasal dari Yayasan TPK (Tim Pengurus Kematian) Husnul Khotimah Bandung, sebuah lembaga pengurusan jenazah. Materi yang disampaikan adalah pengetahuan mengenai jenazah dari berbagai dimensi dan sudut pandang. Materi mengenai pengurusan jenazah dikelompokkan menjadi tiga bagian. Pertama, pengetahuan mengenai jenazah menurut medis, yang dipaparkan langsung oleh seorang dokter. Kedua, pengetahuan mengenai jenazah menurut kajian syar’i. Dan yang terakhir adalah praktek langsung pengurusan jenazah.

Pengetahuan mengenai ketiga hal tersebut sangatlah penting. Saat ini santri dituntut tidak hanya memahami kajian syar’i, tapi juga dimensi lain seperti medis, agar tidak terjadi salah persepsi dalam pengurusan jenazah. Selama ini masih banyak masyarakat yang menghubungkan jenazah dengan unsur-unsur takhayul dan mitos. Training ini diharapkan dapat membekali para santri pengetahuan tentang persepsi dan tata cara pengurusan jenazah yang baik, serta membuang jauh-jauh persepsi bahwa mengurus jenazah adalah sesuatu yang menakutkan atau membahayakan. Mengurus jenazah justru merupakan sebuah hal mulia, sebagaimana perintah Nabi, dan menjadi ladang amal bagi setiap insan yang masih hidup di dunia.

Mutiara, salah seorang santri peserta training, menilai positif kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini menambah pengetahuannya mengenai pengurusan jenazah. “Setelah mengikuti training ini, sekarang saya tidak lagi takut jika suatu saat nanti dibutuhkan untuk pengurusan jenazah di mana pun,” ujarnya. (zilal)


Berita Pesantren Terbaru

Berita Sebelumnya...

Artikel Islam Terbaru

Artikel Sebelumnya...

Mahabbah
Kasih Sayang

dasar kepercayaan akan persamaan dan keinginan baik untuk mewujudkannya

Tawadhu
Rendah Hati

sikap mensyukuri terhadap
apa yang telah diberikan
oleh Sang Maha Perkasa

Taawun
Kerja Sama

saling tolong-menolong
akan membuat
kekuatan tak terkalahkan

Amanah
Kejujuran

mengembangkan
keseimbangan antara
hak dan kewajiban

Mujahadah
Kesungguhan

menundukkan nafsu guna memenuhi kewajiban Allah dan menjauhi laranganNya


persistarogonglogo lite

Pesantren Persatuan Islam Tarogong Garut
Jalan Terusan Pembangunan No 1 Rancabogo Tarogong Kidul Garut 44151
Tel/Fax: (0262) 234657, 540453 Email: info@persistarogong.com